Anda Kesulitan Memperbaiki computer/laptop anda?? Disini kami menyediakan jasa service computer/laptop. Kami melayani jasa panggilan kerumah, kantor dan sekolah, untuk info lebih lanjut anda bisa melihat profile lengkap kami disini atau hub : 082386226717

Tuesday 20 August 2013

Laptop Nyala tapi Layar LCD Tidak Menampilkan Gambar (No Display)

Laptop ini datang untuk perbaikan karena kerusakan latar layar LCD (No Display). Pelanggan saya mengeluh bahwa layar LCD laptop berwarna hitam.
No Display

Berikut adalah langkah-langkah saya untuk mengatasi masalah ini:
Sebelumnya tes dahulu apakah laptop bekerja (tampil) dengan monitor eksternal. 


Pertama-tama, saya uji laptop ini menggunakan monitor eksternal yang terhubung ke port VGA. Apabila anda mendapatkan gambar yang jelas pada layar eksternal meskipun layar internal tidak menyala, maka kemungkinan besar ada yang salah (rusak) dengan VGA Card nya.

Kemudian coba lihat lebih dekat pada LCD laptop dan pastikan bahwa layartidak benar-benar hitam. Jika layar laptop masih bekerja tapi gambar kurang jelas bahkan hampir tidak kelihatan. Ini berarti bahwa layar masih mendapatkan sinyal data dari kartu video (Video Card). 

Jika Anda memiliki masalah yang sama, periksa saklar tutupnya, saklar tutup ini adalah tombol kecil yang terletak dekat dengan layar LCD. Tombol inimemicu mode hibernate atau sleep ketika layar ditutup. Jika saklar tutupnyakotor,maka aliran listrik dari papan inverter akan putus. Papan inverterbekerja sebagai catu daya untuk lampu backlight (latar) dan jika tidak adadaya yang datang ke papan inverter, lampu backlight (latar) tidak akanmenyala baik.

Lampu Backlight tidak menyala dengan baik

Sebaiknya anda coba mengganti lampu backlightnya, cari lampu backlight yang dilengkapi dengan konektor sehingga anda dapat menghubungkanya langsung pada papan inverter, pastikan konektor pada lampu backlight ini mirip dengan konektor pada layar LCD Anda.

Lampu backlight setelah diganti.

Setelah diganti, lampu kembali menyala dengan normal, ternyata masalahnya adalah lampu latarnya yang rusak.

Semoga bermanfaat bagi anda .



No comments:

Post a Comment