Anda Kesulitan Memperbaiki computer/laptop anda?? Disini kami menyediakan jasa service computer/laptop. Kami melayani jasa panggilan kerumah, kantor dan sekolah, untuk info lebih lanjut anda bisa melihat profile lengkap kami disini atau hub : 082386226717

Tuesday 20 August 2013

Cara analisa dan perbaikan layar LCD laptop yang berubah warna

Layar laptop anda menunjukkan warna yang aneh, Kenapa yah? Saya akan coba menjelaskan kasus ini pada anda. Perhatikan :

Tampilan Layar Laptop yg Berubah Warna


Beberapa teknik pemecahan masalah dasar dalam kasus ini jika layar laptopAnda mulai menunjukkan warna yang aneh atau salah.
Anda harus tahu bagaimana teknik membongkar laptop untuk menggunakanteknik-teknik pemecahan masalah berikut ini :



Tes Menggunakan Monitor Eksternal
Langkah pertama adalah menguji bagaimana output tampilan laptop padamonitor eksternal.
Anda dapat menghubungkan laptop Anda ke monitor eksternalmenggunakan kabel VGA, DVI kabel, kabel HDMI atau kabel S-Video,tergantung pada jenis konektor yang Anda miliki di laptop. Kebanyakan laptop memiliki konektor VGA, sehingga cara yang paling umum untuk menghubungkan menggunakan konektor VGA. Dalam contoh ini saya, sayamenghubungkan ke monitor eksternal menggunakan konektor VGA.

Tampilan normal pada monitor eksternal


Beberapa laptop mendeteksi monitor eksternal secara otomatis dan mulai menampilkan gambar di kedua layar langsung pada saat start.
Laptop lain dapat mendeteksi monitor menampilkan gambar tetapi hanya pada satu layar (internal atau eksternal). Dalam hal ini Anda harus beralihdan memilih tampilan video antara internal dan eksternal dengan menggunakan tombol Fn dan salah satu kunci F * di baris atas keyboard.Kombinasi ini bervariasi untuk merek laptop yang berbeda, misalnya itu Fn +F5 untuk Toshiba, Fn + F4 untuk HP, Fn + F8 untuk Dell, Fn + F7 Lenovo dll ...

Jika kedua layar internal dan monitor eksternal menunjukkan warna yang aneh atau sama atau distorsi gambar lain, ini berarti ada gangguan atau kerusakan pada VGA Card.
Jika hanya layar laptop yang menunjukkan warna yang aneh atau distorsilain tapi gambar pada monitor eksternal tampaknya normal (seperti dalam contoh saya), ini masalahnya adalah adanya kesalahan pada koneksi/kabel konektor pada laptop.

Kabel Konektor Layar LCD

Coba periksa posisi kabel konektor LCD pada Mainboard.
Apakah sudah terpasang dengan baik atau tidak !!!

Layar laptop menerima sinyal data dari motherboard melalui kabel LCD. Jika kabel LCD tidak berfungsi normal pada motherboard, akan terjadi distorsi warna pada layar. Coba lepas kabel konektor LCD dan pasang kembali dengan baik dan lihat perubahannya. Pastikan konektor LCD kabel terpasang dengan benar.Pada kebanyakan laptop, kabel konektor LCD terletak di bawah keyboard bezel (penutup keyboard), ada juga yang letaknya dibawah keyboard.

Kabel LCD rusak atau terjepit 
Jalur Kabel LCD terletak dibelakang layar laptop. Sebuah kawat yang terjepit atau rusak dalam kabel LCD juga dapat menyebabkan distorsi warna. Cek seperti gambar dibawah ini


Jalur kabel LCD


Cobalah goyangkan kabel LCD saat laptop sedang berjalan. Jika goyangan kabel LCD mempengaruhi gambar pada layar dengan cara apapun (itu mulai menunjukkan warna yang berbeda, garis, atau gambar membersihkan normal, dll ...) kemungkinan besar kabel LCD rusak dan harus diganti. 
Di sisi lain, jika goyangan kabel tidak mempengaruhi gambar di layar sama sekali, kemungkinan besar kabel baik dan kemungkinan buruknya yaitu LCD anda yang rusak, Dalam hal ini Anda harus mengganti layar LCD.

Demikian tutorial perbaikan masalah LCD laptop, semoga dapat bermanfaatbagi anda yang memiliki permasalahan ini pada laptop anda. 




5 comments: