Anda Kesulitan Memperbaiki computer/laptop anda?? Disini kami menyediakan jasa service computer/laptop. Kami melayani jasa panggilan kerumah, kantor dan sekolah, untuk info lebih lanjut anda bisa melihat profile lengkap kami disini atau hub : 082386226717

Saturday 29 December 2012

Sekilas Tentang SPAM


SPAM = Stupid Pointless Annoying Messages
Yap itu adalah kepanjangan dari SPAM yang saya temukan di Yahoo Answers, Sebelum membahas lebih dalam lagi mengenai spam apakah sobat sudah pernah mendapat kiriman email yang tujuannya mempromosikan sesuatu tetapi tidak pada tempatnya..?? Tentunya sangat sering bukan, dan juga hal ini membuat kita tidak merasa nyaman. 
SPAM adalah penggunaan sistem pesan elektronik (termasuk sebagian media penyiaran, sistem pengiriman digital) untuk mengirim pesan massal yang tidak diminta tanpa pandang bulu. Sedangkan bentuk yang paling luas diakui spam adalah e-mail spam, istilah ini diterapkan untuk pelanggaran yang sama di media lain: pesan instan spam, Usenet spam newsgroup, Web mesin pencari spam, spam di blog, wiki spam, iklan baris online spam, ponsel pesan spam, internet forum spam, transmisi faks sampah, spam jejaring sosial, iklan televisi dan file spam yang berbagi jaringan.

SPAM dikirimkan oleh pembuat iklan dengan biaya operasi yang sangat rendah, karena spam ini tidak memerlukan mailing list untuk mencapai para pelanggan-pelanggan yang diinginkan. Sebagai akibatnya banyak fihak yang dirugikan. Selain pengguna Internet itu sendiri, ISP (penyelenggara layanan Internet atau Internet service provider), dan masyarakat umum juga merasa tidak nyaman. Karena biasanya sangat mengganggu dan kadang-kadang membohongi, berita spam termasuk dalam kegiatan melanggar hukum dan merupakan perbuatan kriminal yang bisa ditindak melalui undang-undang Internet.

SPAM ini biasanya datang bertubi-tubi tanpa diminta dan sering kali tidak dikehendaki oleh penerimanya. Beberapa contoh lain dari spam ini bisa berupa surat elektronik berisi iklan, sms pada telepon genggam, berita yang masuk dalam suatu forum newsgroup berisi promosi barang yang tidak terkait dengan aktifitas newsgroup tersebut, spamdexing yang mendominir suatu mesin pencari (search engine) untuk mencari popularitas bagi suatu URL tertentu, ataupun bisa berupa berita yang tak berguna dan masuk dalam suatu blog, buku tamu situs web, dan lain-lain.

Bentuk-bentuk SPAM :

·         Spam Surat Elektronik.
·         Spam Instant Messaging.
·         Spam Usenet Newsgroup.
·         Spam mesin pencari informasi web (web search engine spam).
·         Spam Blog.
·         Spam berita pada telepon genggam.
·         Spam forum Internet, dan lain lain

Contoh SPAM :

·     Pada email : Kadang-kadang kita menerima email-email yang tidak kita inginkan di Inbox yang berisi iklan-iklan yang pengirimnya gak jelas.
·     Pada blog : kita mendapati link-link iklan pada kolom komentar dan link-link itu menyuruh si pemilik Blog/orang yang membacanya menuju link tersebut, jadi si tukang SPAM ini sama sekali tidak menanggapi "isi dari tulisan kita" (Sangat keterlaluan kan?)
·         Pada ShoutBox : Hanya menyuruh kita ke link-link aneh, dan si tukang SPAM ini tidak menunjukkan jati dirinya...

Apakah Tujuan dari SPAM :

·    Sebagai media publikasi dan promosi produk-produk perusahaan si pengirim email sampah. Sebagai contoh sebuah perusahaan farmasi ingin menjual obat mereka, jika melalui advertising/periklanan ini tentu akan memakan biaya, dengan menggunakan mail robot maka ia akan dapat mengirim email sebanyak-banyaknya ke seluruh pemilik email yang ada di dunia ini.
·     Bom email, jika anda memiliki musuh di internet atau saingan perusahaan anda biasanya hal ini akan dilakukan agar anda repot menerima email yang tidak anda perlukan dalam jumlah besar dan terus menerus.
·         Media pishing, hal ini dilakukan untuk menggaet sebanyak-banyak orang yang akan terjebak dengan link trap (perangkap link), sehingga anda mengira anda akan berada di situs yang sebenarnya, padahal anda sudah dalam perangkapnya.
·      Media penyebaran virus & worm, sudah merupakan karakter dari virus dan worm untuk menyebarkan filenya secara otomatis ke seluruh pemilik email yang ada di dunia ini, dengan tujuan akan mendapatkan korban yang sebanyak-banyaknya.


No comments:

Post a Comment